Rabu, 08 Juni 2011

Peneliti di Harvard Engineering Kembangkan Laptop Biogas

Biogas kini semakin populer sebagai sumber energi terbarukan. Untuk memanfaatkannya lebih jauh, sebuah tim riset di Harvard School of Engineering and Applied Sciences sedang melakukan penelitian untuk memanfaatkan metan pada laptop fuel cell dan baterai.

Tim yang dipimpin Shriram Ramanathan memusatkan perhatiannya pada fuel cell jenis oksida padat (SOFC) yang hanya mengandalkan metan yang dihasilkan dari biogas dan tentunya tidak menggunakan platinum lagi.

Selain itu mereka juga mengembangkan SOFC skala mikro yang bekerja pada suhu 500 derajat Celcius. Menurut Ramanathan, jika SOFC bisa bekerja pada suhu rentang suhu 300–500°C, maka akan membuka lebih banyak implementasi, seperti di kendaraan dan perangkat elektronik portabel. Bahkan, masih menurutnya, SOFC yang mereka kembangkan nantinya tidak lagi tergantung pada hidrogen murni sebagai bahan bakarnya, melainkan berbagai jenis bahan bakar lainnya, sekaligus menggantikan fungsi baterai untuk laptop dan perangkat elektronik portabel lainnya.

http://www.planethijau.com/

0 komentar:

Posting Komentar

.:: shout ::.


Anda berminat buat Buku Tamu seperti ini?
Klik di sini